Radif’s Blog

April 2, 2009

Atasi Penyakit Symbian Secara Aman

Filed under: Uncategorized — radif @ 4:54 am

Mungkinkah kalian pernah mengalami hal ini : ketika membuka aplikasi atau game pada ponsel, tiba-tiba muncul pesan “app close main error”. apa siech penyebabnya ???


Masalah lain ketika ponsel dimatikan  tidak bisa dihidupkan kembali secara normal atau masuk ke menu utama. Dua masalah, Application closed dan ponsel gagal booting, ini sering dialami pengguna ponsel S60 seperti Nokia 7650, 3230, 3650, 6600, dan lainnya meski menjadi masalah klasik dan umum dialami. Lalu bagaimanakah cara atau langkah – langkah untuk atasi penyakit tersbut????“App close main error

Secara teknis, munculnya pesan “Aplication closed” terjadi karena adanya kesalahan informasi yang dibutuhkan oleh ponsel, yang bersumber dari perangkat penyimpanan data ponsel tersebut. Aliran data diantara SDRAM (penyimpan data sementara), flash memori (penyimpan data tetap, bisa diasumsikan seperti harddisk pada computer) dan UPP (prosesor yang mengatur lalu lintas data) tidak berjalan serasi sehingga ada informasi tak sampai.
Gangguan ini bisa karena proses instalasi aplikasi tidak sempurna, penggunaan aplikasi bajakan, memori yang terlalu penuh, serta terlalu seringnya ‘bongkar pasang’ aplikasi yang menyebabkan file system dan registry.

Sebaiknya kalau kita bisa benerin sendiri tentunya g harus rpot-rpot pergi k counter untuk benerinnya, hehehe dari pada ngeluarin uang untuk tu lebih baik d benerin ndiri aja syankkan yach calo uangnya di kasih k counter, mending tabung aje buat beli hp baru heheheh……

Nich Cara Ngatasinnya……

1. Uninstal aplikasi yang Anda curigai. Ingat-ingatlah kapan terakhir ponsel Anda bekerja dengan baik sebelum Anda menginstal aplikasi tertentu dan muncul pesan berbahaya ini. Misalkan aja deh, sebelum Anda menginstal aplikasi A ponsel Anda berjalan dengan normal dan lancar. Namun setelah aplikasi A terinstal pada ponsel Anda, eh ponsel Anda malah menjadi lambat kinerjanya atau malah jadi masalah lain. Nah coba deh aplikasi A itu di uninstal. Gimana caranya???? Gampang kok, langsung saja Anda masuk ke menu > ‘tool’ > ‘manager’. Kemudian pilih aplikasi yang akan Anda uninstall. Setelah itu pilih ‘option’ kemudian ‘remove’.

2. Coba hidupkan ponsel tanpa MMC. Kemungkinan gangguan “Application closed” juga disebabkan karena aplikasi yang terdapat pada MMC tidak bekerja sempurna, atau bahkan MMC rusak.

3.Menghapus dan memperbaiki bootdata, Caranya :
Install dan jalankan aplikasi file manager seperti FExplorer atau SeleQ.
Buka file dengan nama firsboot.dat di folder C:\system\bootdata\.
Hapus file tersebut dengan memilih ‘option’ >’file ’>’delete’.
Selanjutnya matikan ponsel anda dan cabut MMC-nya
Nyalakan ponsel tanpa MMC (jika langkah ini berhasil, Anda akan diminta memasukkan data tanggal dan waktu).
Matikan kembali ponsel.
Masukkan kembali MMC ke dalam ponsel.
Nyalakan kembali ponsel dengan MMC di dalamnya.
Jika pesan “Application closed” tidak muncul, berarti cara ini berhasil mengatasi gangguan tersebut.
Keuntungan dari cara ini, Anda tidak perlu memformat ponsel sehingga data ponsel tidak hilang. Meski bisa menyelesaikan masalah, tips ini juga memiliki ‘efek samping’ yaitu akan merubah susunan menu utama sehingga Anda mungkin tidak akan menemuka ikon aplikasi-aplikasi yang biasa terdapat didalamnya.

Untuk mengatasinya, sebelum melakukan langkah diatas, ada baiknya Anda melakukan backup aplikasi. Data tentang aplikasi terekam di dalam file “application.dat”. Untuk membackupnya Anda perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

Jalankan program file manager semacam FExlporer atau SeleQ.
Masuk ke C:\system\data dan temukan file “application.dat”
Pilih Option > Edit > Copy.
Simpan hasil salinan (copy) ke tempat yang aman, misalnya di MMC
Selanjutnya Anda bisa mulai menjalankan langkah-langkah untuk memperbaiki boot data di atas.
Setelah selesai, maukkan kembali file ” application.dat ” ke dalam folder C:\system\data. Gantikan file “application.dat” yang ada di folder tersebut dengan file backup tadi.

4.Memformat ulang ponsel
Cara ini merupakan langkah terakhir jika langkah-langkah di atas tidak menyelesaikan kasus “application closed”. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan langkah ini, resikonya semua data yang ada di ponsel akan hilang (kecuali data pada MMC). Kontak phonebook, SMS, hingga foto-foto di galeri akan hilang karena ponsel akan di format ulang.

Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah berikut.
Matikan ponsel.
Tekan tombol call (dengan symbol gagang telepon berwarna hijau), tanda * (bintang), dan tombol “3″ secara bersamaan.
Masih menekan ketiga tombol tersebut, nyalakan ponsel Anda.
Selanjutnya ponsel akan melakukan proses format.
Hati-hati!!!!! Semua data akan hilang dan menu-menu yang ada di ponsel akan kembali layaknya ponsel baru(kecuali aplikasi yang terdapat di MMC masih bisa dijalankan).

Ponsel HANG & Tdk dapat Menampilkan Menu START UP

Kalau menemui masalh seperti ini coba cara ini :

1.Nyalakan ponsel tanpa MMC. Jika berhasil, berarti masalahnya ada di MMC. Lakukan proses format MMC untuk memperbaikinya.

2.Matikan ponsel, nyalakan kembali dengan menekan tombol “on” dan tombol “edit” (bersimbol pensil) secara bersamaan. Terkadang cara ini berhasil membawa Anda menuju menu utama. Teknik ini disebut “safe mode” atau “mode darurat”

3.Memformat ulang ponsel.
Caranya sama seperti langkah memformat ponsel pada gangguan “application closed”. Untuk melakukannya tekan tombol call (warna hijau), tanda * (bintang), dan tombol “3″ secara bersamaan saat menghidupkan ponsel.
Jika langkah 2 saja Anda sudah dapat masuk ke mode darurat, Anda bisa melakukan format ponsel dengan memasukkan kode ( *# 7370 # ) dari kondisi stanby.

Dan jika ketiga langkah diatas tidak menyelesaikan masalah, satu-satunya cara memperbaikinya adalah dengan melakukan flashing atau mengisi kembali sisetem operasi ponsel. Mintalah bantuan kepada layanan servis dan teknisi kepercayaan Anda untuk melakukannya.

Kurang lebih kritik dan caranya…………..

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: